RSS

Saat Mencari Lowongan Pekerjaan

06 Sep

Lowongan kerja adalah informasi yang paling dicari hingga saat ini. Adakah diantara Anda yang rajin membeli koran edisi terbaru hanya untuk melihat rubrik lowongan kerja? Atau, setidaknya, pernahkah dengan pulpen atau spidol di tangan, Anda melingkari lowongan kerja yang terpampang di Koran? Lalu, adakah dari Anda langsung mendapatkan pekerjaan hanya dengan sekali melingkari?

Mencari lowongan kerja itu tidak gampang! Walaupun menurut data dari Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ada 112,9 juta kesempatan kerja yang tersebar pada tahun 2012, tetapi Anda harus bersaing dengan 119,39 juta pencari kerja lainnya. Hal itu berarti minimal ada dua orang yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang sama. Untuk, Anda harus menyiapkan skill terbaik dan buat cv (curriculum vitae) semenarik mungkin.

Mencari lowongan kerja melalui sosial media

Selain menyiapkan skill terbaik untuk bisa bersaing dengan kandidat lain, Anda juga harus pintar-pintar mencari lowongan kerja. Salah satunya adalah memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari internet, SMS, dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki akun Facebook, Twitter Google Plus, dan beragam sosial media lainnya, gunakanlah sosial media tersebut tidak hanya untuk bersosialiasi atau mencari hiburan semata. Tapi, gunakanlah sebagai alat untuk untuk mencari pekerjaan.

Ya! Kini, iklan lowongan kerja sudah sangat mudah ditemui, dan tidak jarang berpindah media, mengikuti perkembangan pesatnya teknologi. Sekarang lowongan kerja bisa didapat dengan melihat website atau bahkan page Facebook dan Twitter dari sebuah perusahaan. Hanya dengan men-subscribe atau like page mereka, agar Anda pun jadi bisa update mengenai kesempatan bekerja di perusahaan tersebut.

Di Twitter lebih pesat lagi perkembangannya. Hanya dengan follow­ akun-akun yang sering memberikan info seputar lowongan kerja, timeline Anda akan penuh dengan info lowongan kerja. Dengan begitu, Anda pun jadi makin mudah mengecek lowongan kerja terbaru bukan?

Selain beberapa sosial media populer di atas, Anda juga bisa bergabung dengan sosial media khusus para professional seperti LinkedIn. Disitu Anda bisa meng­-update profil hingga pengalaman kerja Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminta rekomendasi dari teman tentang  Anda, dimana rekomendasi tersebut nantinya akan terpampang dalam profil LinkedIn Anda.

Jika Anda bisa membuat profile semenarik mungkin, maka besar kemungkinan Anda yang akan dikontak terlebih dahulu oleh para staff HRD (Human Resource Department) yang kantornya sedang membuka lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian Anda.

Dalam LinkedIn, Anda juga akan mendapatkan info lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan pengalaman dan skill yang tertulis dalam profil. Jadi, Anda tidak usah lagi mencarinya secaranya manual. Makin mudah kan mendapatkan lowongan kerja dengan bantuan teknologi?

Portofolio itu penting

Punya portofolio segudang? Manfaatkan juga teknologi. Apalagi jika Anda tertarik dalam bidang kreatif seperti fotografi, desain atau penulisan. Jangan sungkan untuk memanfaatkan teknologi sebagai jembatan untuk mendapatkan pekerjaan. Gunakanlah blog seperti Tumblr, Blogspot, WordPress, deviantART atau bahkan yang terbaru seperti Pinterest untuk memajang portofolio Anda di sana. Hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk menampilkan hasil kerja dan juga memudahkan untuk dibagi kepada orang lain yang ingin melihat.

Pada akhirnya jika Anda berusaha keras dalam mencari lowongan kerja, Anda dapat dengan mudah bersaingan dengan puluhan atau bahkan ratusan pesaing Anda, asalkan bisa memanfaatkan teknologi dengan baik.

Jadi, apakah Anda sudah bersiap meninggalkan kebiasaan membeli koran terbaru, lalu melingkari kolom-kolom lowongan kerja dengan pulpen, dan menggantinya dengan men-bookmark sebuah halaman di sosial media atau website? Pilihan ada ditangan Anda.

sumber: Brighterlife.co.id

 
Comments Off on Saat Mencari Lowongan Pekerjaan

Posted by on September 6, 2013 in Perlu Tahu

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: