RSS

Singapura Sarang Penyamun Indonesia

04 Sep

Reputasi Singapura sebagai tempat pelarian bagi orang-orang yang menghadapi masalah hukum di Indonesia semakin tak tergoyahkan. Lantaran tak ada perjanjian ekstradisi dengan negara Singa itu, dikhawatirkan Singapura dicap sebagai ‘sarang penyamun’ dari Indonesia.

Orang-orang seperti ini merasa aman, damai, dan sentosa berlindung di negeri singa itu. Aman karena sulit ditangkap oleh pihak keamanan Indonesia. Damai karena bebas dari hiruk pikuk pemberitaan yang marak di dalam negeri. Sentosa karena dengan jarak yang cukup dekat masih bisa mengontrol usaha dan bisnis di tanah air. Mereka pun bisa menikmati hiburan dan liburan dengan fasilitas yang cukup mewah.

Meski sudah banyak dikritik, Singapura tetap saja tidak peduli. Malah sebaliknya, pintu negara itu seakan semakin terbuka lebar untuk menampung orang-orang bermasalah itu. Nunun Nurbaiti dan Muhammad Nazaruddin adalah dua nama yang belakangan kerap menghiasi pemberitaan di Tanah Air.

“Anehnya, kalau sudah lari ke sana, pemerintah Indonesia seakan tidak berkutik sama sekali. Usaha-usaha diplomatik yang dilakukan seakan-akan sia-sia. Malah, cenderung merendahkan posisi tawar Indonesia dalam hubungan bilateral antara dua negara,” ujar Saleh P Daulay, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, sesaat lalu (Senin, 6/6).

Posisi Singapura yang seperti ini tentu berimplikasi negatif terhadap upaya pemerintah RI dalam memberantas korupsi di tanah air.“Orang-orang tidak akan takut lagi korupsi. Toh, kalau ketahuan korupsi malah sudah ada tempat pelarian yang bagus,” sambungnya.

Menurut Saleh, pemerintah Indonesia sudah seharusnya me-review ulang hubungan diplomatik dengan Singapura. Kalau perlu, pemerintah harus dengan tegas mengingatkan Singapura untuk tidak melindungi orang-orang seperti Nunun dan Nazar, apalagi yang sudah terbukti mengkorup uang rakyat.

“Saya khawatir, jangan-jangan nanti Singapura disebut sebagai negeri sarang penyamun. Atau lebih ekstream lagi, surga bagi para penyamun,” demikian Saleh mengakhiri. [zul]

Sumber: http://batam-news.com

 
Comments Off on Singapura Sarang Penyamun Indonesia

Posted by on September 4, 2011 in Perlu Tahu

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: