RSS

Pentingnya Memiliki Keyakinan

08 Jun

Hidup perlu memiliki keyakinan, karena setiap sikap dan tindakan yang tegas selalu didorong oleh keyakinan teguh yang mendasari hati dan pikiran secara penuh. Karena keyakinan, orang akan berani menghadang ribuan lawan. Karena keyakinan, orang akan berani menantang moncong meriam. Karena keyakinan, nabi-nabi terusir dari tanah kelahiran sehingga namanya menjadi abadi, tetap dikenang dengan penuh khidmat sepanjang sejarah.

Karena keyakinan pula, orang menjadi tidak berani melakukan sesuatu yang kontradiksi. Misalnya, beranikah kita meminum suatu minuman jika kita meyakini minuman itu dibubuhi racun? Beranikah kita memasukkan tangan ke suatu lubang jika kita meyakini di dalam lubang itu melingkar seekor ular berbisa? Atau, beranikah kita mengulurkan tangan ke dalam api padahal kita meyakini api itu akan membakar tangan?

Akan tetapi, sebaliknya, tak jarang pula orang menjadi celaka karena terkecoh oleh keyakinan yang tak berdasar. Seseorang yang percaya dirinya akan menjadi sakti hanya dengan membebatkan kain berisi jimat, tetap saja akan menemui ajal dengan tubuh remuk jika ia meloncat dari menara tinggi walau berbekal jimatnya tadi. Seseorang yang memercayai dirinya akan terlepas dari kesulitan hanya dengan mengucapkan jampi-jampi dan mantra-mantra belaka, tetap saja tak akan keluar dari kesulitannya hanya dengan komat-kamit mengucapkan mantra-mantranya.

Jadi, berhati-hatilah dengan sebuah keyakinan. Milikilah keyakinan yang hakiki. Hindarilah kepercayaan-kepercayaan palsu. Keyakinan tanpa ilmu (pengetahuan) yang hakiki tak ada artinya.

Dalam perjalanan mencari keyakinan hakiki, kita perlu menimba, mempelajari, serta menelusuri setiap ilmu. Setidaknya, dari situ kita akan bisa mendapatkan sebuah keyakinan yang berlandaskan logika. Yaitu, ibarat kita melihat asap, dengan pengetahuan yang telah kita miliki kita akan meyakini bahwa di sana pasti ada api.

Namun, dengan hanya memiliki keyakinan yang baru dilandasi logika saja terkadang dapat membuat hati kita masih dihinggapi perasaan waswas. Sebagaimana ketika kita melihat asap, mungkin saja perasaan kita masih diliputi keraguan, jangan-jangan bukan api yang ada di sana itu, melainkan uap air. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kepastian yang lebih teguh tentang keyakinan yang kita miliki, jangan berhenti hanya sampai di situ. Teruskan melangkah untuk mencari, sehingga keyakinan kita bukan lagi hanya didasari oleh sebatas logika saja, melainkan telah berdasarkan kesaksian yang kita lihat sendiri. Seakan kita melangkah lebih mendekat untuk lebih memastikan asap tadi, hingga kita bisa melihat api. Maka setelah kita melihat api, keyakinan pun akan semakin tebal dari pada hanya sekadar melihat asapnya saja.

Referensi: http://www.dadangsadkar.com

 
Comments Off on Pentingnya Memiliki Keyakinan

Posted by on June 8, 2011 in Perlu Tahu

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: