RSS

Industri Pertanian Negara Kita Tertinggal

10 Apr

Wakil Presiden Boediono mengakui industri pertanian Indonesia kalah bersaing dengan negara-nagara lain. Menurut Boediono, industri pertanian tertinggal jika dibandingkan dengan banyak negara lain, bahkan dengan Thailand sekal ipun. Hal tersebut dikatakan Boediono di Jakarta, Jumat (12/3).

Menurut Boediono, kondisi ini patut disesali sebab Indonesia sesungguhnya memiliki semua modal yang dibutuhkan untuk menjadi negara maju. Seperti lahan yang luas dan kondisi iklim yang baik. Oleh karena itu Boediono menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur dan juga pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas.  Metrotvnews.com, Jakarta.

Pernyataan Wapres, mudah-mudahan bukan asal ngomong ya, Pak. Dari dulu memang negara kita dikenal negara agraris, mestinya industri berbasis pertanian. Jika industri pertanian ditinggalkan, generasi muda kita hanya jadi kuli murah, tenaga kotrak di pabrik, karena pemilik modal mayoritas milik asing. Akan tetapi  industri pertanian pun jika dikelola oleh pemilik modal asing tidak ada artinya generasi muda kita tetap hanya jadi karyawan murah, tidak ada bedanya dengan kondisi sekarang.

Coba bayangkan, generasi muda kita lebih memilik kerja di pabrik ketimbang menggarap pertanian, akibatnya cabai sudah mengimport, kalau jenis buah-buahan di super market sudah lama dibanjiri barang barang import. Mastinya kita belajar dengan Thailand, Vietnam, yang katanya mereka belajar pertanian dari Indonesia.

 
Comments Off on Industri Pertanian Negara Kita Tertinggal

Posted by on April 10, 2011 in Tulisan bebas

 

Comments are closed.